SKABIES

Skabies adalah penyakit kulit yang mudah menular. Orang jawa sering menyebutnya gudig. Penyebabnya adalah Sarcoptes scabei. Cara penularan penyakit ini adalah melalui kontak langsung dengan penderita atau tidak langsung melalui alat-alat yang dipakai penderita, misal : baju, handuk, dll.

Gejala klinis yang sering menyertai penderita adalah :

  • Gatal yang hebat terutama pada malam hari sebelum tidur
  • Adanya tanda : papula (bintil), pustula (bintil bernanah), ekskoriasi (bekas garukan), bekas-bekas lesi yang berwarna hitam
  • Dengan bantuan loup (kaca pembesar), bisa dilihat adanya kunikulus atau lorong di atas papula (vesikel atau plenthing/pustula)

Predileksi atau lokasi tersering adalah pada sela-sela jari tangan, bagian fleksor pergelangan tangan, siku bagian dalam, lipat ketiak bagian depan, perut bagian bawah, pantat, paha bagian dalam, daerah mammae/payudara, genital, dan pinggang.

Pada pria khas ditemukan pada penis sedangkan pada wanita di aerola mammae. Pada bayi bisa dijumpai pada daerah kepala, muka, leher, kaki dan telapaknya.

Pemariksaan adanya skabies atau Sarcoptes scabei dengan cara :

  • Melihat adanya burrow dengan kaca pembesar
  • Papula, vesikel yang dicurigai diolesi pewarna (tinta) kemudian dicuci dengan pelarutnya sehingga terlihat alur berisi tinta

Melihat adanya sarcoptes dengan cara mikroskopis, yaitu ;

  • Atap vesikelnya diambil lalu diletakkan di atas gelas obyek terus ditetesi KOH 30%, ditutup dengan gelas penutup dan diamati dengan mikroskop.
  • Papula dikorek dengan skalpel pada ujungnya kemudian diletakkan pada gelas obyek lalu ditutup dan diamati dengan mikroskop.

Pengobatan skabies yang terutama adalah menjaga kebersihan untuk membasmi skabies (mandi dengan sabun, sering ganti pakaian, cuci pakaian secara terpisah, menjemur alat-alat tidur, handuk tidak boleh dipakai bersama, dll)

Obat antiskabies yang sering dipakai adalah :

  • Preparat yang mengandung belerang
  • Emulsi benzoate benzilicus 25%
  • Gamma benzene hexachloride 0,5%-1%

37 thoughts on “SKABIES

  1. Penyakit skabies bukan penyakit yang disebabkan alergen. Bila penyebabnya yaitu Sarcoptes scabei dibasmi maka penyakit skabies itu akan sembuh.
    Sedangkan alergi makanan itu hanya bisa dihindari dengan cara menghindari alergen.
    Jadi bila ada seseorang yang punya penyakit skabies saja, maka tidak lah menjadi masalah bila ia mengkonsumsi makanan-makanan yang bisa menimbulkan alergi. Tapi bila seseorang telah mempunyai bakat alergi terhadap makanan dan ditambah dengan terkena penyakit skabies, maka disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan tsb.
    sekian dan terimakasih

  2. dok..aku mau buat skripsi mengenai skabies ini..
    dokter ada resource yang bagus gak untuk membantu saya mengerjakan skripsi saya?
    terimakasih banyak dok!

  3. Niky…penginnya neliti apa?
    Skabies biasanya berhubungan dengan kebersihan tubuh dan lingkungan. Tapi bisa juga dihubungkan dengan sosial ekonomi, pendidikan dan budaya.
    Mungkin niky bisa meneliti pengaruh sosial ekonomi atau pendidikan atau budaya sekitar dengan angka kejadian skabies di daerah tertentu pada waktu periode tertentu…
    Masalah referensi, coba cari ke text book nya tentang ilmu penyakit kulit atau dermato-venerology. Disitu banyak sekali membahas masalah skabies.
    Satu lagi klo niky mau bikin penelitian observasional, jangan lupa bahwa skabies itu adalah istilah medis. Pada masyarakat tertentu, ada sebutan yang khas, contoh: pada masyarakat Jawa, skabies lebih dikenal dengan gudig, dll.
    Begitu dulu ya, niky…
    Nanti klo masih ada pertanyaan, silakan mengunjungi web blog ini..
    Nuwun

  4. dok..akhirnya penelitiaan saya judulnya “perbandingan angka kejadian skabies di kamar besar putra dan kamar tiga putra di pondok pesantren as-salaam surakarta”

    saya ingin melihat apakah kepadatan kamar berbanding lurus dengan insidensi penyakit skabies ini.

    yang jadi masalah saya binggung menentukan “teknik sampling”nya dan cara menganalisa datanya.

    kira-kira dokter ada masukan tidak?

    terimakasih dokter.

  5. Sebentar…
    Terus terang saya masih bingung dengan judulnya.
    1. Maksudnya kamar besar putra dan kamar tiga putra itu bagaimana?
    2. Di ponpes as-salaam ada berapa kamar? disana ada berapa kasus skabies?
    3. Hati-hati dengan penelitian niky, karena skabies itu memang bisa dipengaruhi oleh kepadatan kamar, tapi masih ada banyak faktor lain yang berpengaruh dan itu penting.
    Bila kamarnya itu memang padat tetapi klo penghuni kamarnya memang orang yang suka kebersihan, ya tidak ada kasus skabies yang terjadi.
    Begitu dulu tanggapan sementara dari saya
    Terimakasih

  6. dokter..skripsi ku dah mulai masuk bab 4 niy dok
    tapi ada beberapa data yang aku butukan mengenai epidemiologinya…

    kira-kira dokter ada data mengenai angka kejadian skabies ngak dok?

    lalu kalau ada referensi atau situs yang bisa aku lihat mengenai hal tersebut.

    terima kasih banyak dokter Noviana.

  7. alhamdulillah…
    selamat ya niky.
    Untuk epidemiologi skabies, banyak sumber yang ada tergantung mau tahu di daerah mana.
    Coba lihat di http://www.google.com lalu ketik keyword nya bisa diketik epidemiologi skabies atau insidensi skabies
    Begitu? Itu malah bisa dapat insidensi yang terbaru, kalau di texbook malah belum tentu up to date.
    Texbook tentang skabies biasanya paling banyak di buku-buku Parasitologi atau buku-buku Ilmu Penyakit Kulit.
    Nuwun
    Terima kasih

  8. dokter…saya masih bingung nich tentang :
    1.kepadatan ruang tidur di pondok pesantren ?
    2.standart untuk kamar tidur antara santri putri & putra berapa ?

  9. Jawaban untuk eva…
    Maaf banget karena saya baru sempat balas ya…
    Gatal pada skabies lebih berat pada malam hari itu disebabkan oleh aktivitas Sarcoptes scabei yang lebih aktif pada malam hari, dan juga akibat suhu tubuh yang relatif lebih panas dan kelembaban yang tinggi pada malam hari.
    Begitu yah, eva. Maaf dan terima kasih

  10. Jawaban untuk puput…
    Maaf saya baru balas
    1. Maksudnya dalam satu kamar ada berapa penghuni
    2. Standart kamar yang ideal biasanya berukuran 3 x 3 m untuk 1 penghuni
    Walaupun satu kamar 5 x 5 m dengan penghuni 8 orang, tetapi penghuni selalu menjaga kebersihan (tidak menggantung baju di kamar, tidak pernah saling meminjam handuk, baju, atau alat mandi, selalu rapi, tidak buang sampah sembarangan, dll) maka penyebaran skabies menjadi minimal.
    Begitu…

  11. dok, suami saya kene ckbies udah dikasih slep scabisid tapi belum sembuh2 juga,penggunaan salepnya perlu pangulangan nggk?? slang berapa hari???
    obat minumny apa???

  12. Buat baronezz….
    Sama-sama, terima kasih atas doanya.
    Saya sangat senang karena banyak komentar atau pertanyaan disini…mungkin bila Anda berkenan untuk mengomentari tulisan saya yang lain, saya sangat appreciate…karena itu membuat saya semangat untuk kembali menulis dengan topik yang lain.
    Oh ya, bagaimana klo saya menulis tentang skabies dalam bentuk buku yang diterbitkan? Apa pendapat dari para pembaca? Terima kasih

  13. assalamualaikum..
    dok… ide yang bagus itu…
    pastinya buku itu nanti juga bermanfaat buat mereka yang tinggal berbanyak orang,keluarga,lingkup pesantren,,

    btw, dok saya juga kena skabies soalnya, ampe serumah kena semua yang kasian anak saya yang umurnya 7 bulan juga kena… awalnya kirain biang keringat tapi setelah saya baca artikel dokter berarti kita semua kena skabies…
    kalo yang dewasa mungkin bisa dicoba obat yang diatas, tapi apa aman buat anak saya yang 7 bulan?ada yang bialang suruh kasih permetrin 1 persen, aman kah dok krim itu?
    saya tunggu ya dok makasih banyak….

  14. Wassalamu’alaikum….
    Buat essy dan bunda abdillah….
    InsyaAlloh, bila banyak yang berpendapat bahwa itu ide bagus, saya akan mulai proses menulis, tapi itu sepertinya akan memakan waktu lama karena setahu saya ketika buku mau diterbitkan, banyak proses yang terlibat di dalamnya dan itu perlu waktu yang panjang.
    Mohon dukungannya.
    Bila para pembaca mempunyai foto dokumentasi penderita skabies, mohon perkenannya untuk dikirim ke saya sebagai pendukung dalam pembuatan buku saya.

    Tentang obat skabies…
    Untuk pasien, biasa diberikan gama benzen heksa klorida (gameksan), brand name yg biasa dipakai Scabisid. Obat ini tidak dianjurkan pada anak di bawah 6 tahun dan wanita hamil. Pemberian cukup sekali, tapi bila gejala masih ada, boleh diulangi seminggu kemudian dan pemberiannya juga cukup sekali.

    Sebenarnya skabies ini mudah menular, jadi disarankan agar tidak terkena lagi, kita harus mencari/ menghilangkan penyebab penularan. Cari anggota keluarga atau teman serumah yang mungkin terkena juga. Biasanya, mereka juga harus diobati bisa dengan gameksan atau dengan emulsi benzil benzoat. Kemudian periksa peralatan rumah tangga seperti handuk, sprei, kasur, dsb yang mungkin bisa menularkan skabies. Siram dan rendam dengan air panas, untuk kasur harus sering dijemur, klo perlukan semprot dengan antiseptik cair yang sudah diencerkan.

    Untuk bunda abdillah, permertrin boleh dipakai untuk bayi di atas 2 bulan, jd anaknya boleh diberikan obat tersebut karena kurang toksik dibandingkan gameksan. Efektivitasnya sama. Pemberian dioleskan cukup sekali, biasanya malam hari dan didiamkan selama 10-12 jam, kemudian pagi harinya dicuci bekas salepnya/dimandikan. Bila belum sembuh, boleh diulangi setelah seminggu.

    Obat yang diminum, cukup antihistamin oral (CTM, loratadin atau cetirizin) saja untuk menghilangkan rasa gatal.
    CTM boleh diberikan 1-3x sehari, sedang loratadin atau cetirizin cukup 1 x sehari pada malam hari.

    Semoga jawaban dari saya bisa memenuhi rasa ingin tahu dari para pembaca. Terima kasih

  15. dok saya mo tanya,kakak saya tu skit kulit ud lama udah 1 th blm sembuh,udh priksa sna sini tetep aja,ada yang bilang skabies,soalnya kulitnya berwarna hitam dan kayak lbh tebal,udah pernah hampir sembuh krn minum obat yang berwarna biru kecil,tp timbulnya pada wajah kelihatan bengkak2,setelah di[erhentikan wajah kembali semula tapi kulitnya kambuh lagi malah lbh parah,keliuar airnya dok…sebaiknya gmn ya dok…?

  16. dokter
    Saat ini saya masih bingung apakah terjangkit skabies ato bukan?
    Awalnya gatal terjadi di pinggang dan saya garuk menjadi banyak. Setelah itu saya beri salep mesone, tapi menjadi hitam dan berbekas.Sebelumnya saya pernah terkena dermatitis menurut dokter,dan diberi salep itu kemudian sembuh. Dan untuk gatal saya yang saya alami sekarang saya beri mesone juga dan akhirnya berbekas dan menjadi hitam.
    Dua hari/3 hari kemudian saya juga gatal di lengan kanan dan kiri, untuk yang sebelah kiri saya merasa tidak gatal namun hanya bintil bernanah. Untuk sebelah kanan gatal dan berasa panas pada malam hari dan pada siang hari saya perhatikan seperti bentuk trowongan serta tidak bernanah.
    Apakan ini skabies?
    Mohon jawaban, saran dan bagaimana pengobatannya?
    Trimakasih dok :)

  17. Buat Ana : Saya tidak bisa banyak berkomentar disini karena untuk penyakit kulit disini, kita benar2 harus melihat ujud kelainan kulitnya…Disini saya hanya bisa meraba bahwa kemungkinan besar itu bukan skabies karena bila itu disertai bintil2 berisi air berarti itu mungkin adalah dermatitis/eksim ato bisa juga krn infeksi dari virus. Gejalanya apa ya? ada di lokasi tubuh mana?
    Untuk obat biru kecil, kemungkinan besar itu jenis kortikosteroid (dexametason), yang menurut teori disana mengatakan bahwa obat ini tidak boleh dikonsumsi dalam dosis yang tinggi dan jangka waktu lama kecuali untuk penyakit tertentu dengan pengawasan dari dokter, karena bisa menimbulkan penipisan kulit, sindrom Cushing, bengkak pada wajah (moon face), dll. Jadi, memang harus ada pengawasan dri dokter.
    Begitu?bila krg jelas bisa ditanyakan lagi…Nuwun

  18. Buat Ella : dari apa yang diceritakan, saya hanya bisa menangkap bahwa kemungkinan besar itu skabies, tetapi sekali lagi saya sarankan utk periksa ke dokter karena untuk penyakit kulit kita harus melihat dg langsung. Dermatitis dengan skabies jelas berbeda, shg pengobatan jg berbeda, tidak bisa diberikan salep mesone. Utk terapi saya sudah ulas cukup jauh pada artikel dan balasan komentar dari saya.Mohon dibaca di komentar. Syukron

  19. dok, saya terkena scabies.
    dan sudah saya beri scabimite selama 2 minggu (seminngu sekali). dan gatal dibadan saya sudah berkurang.
    bentolnya pun sudah berkurang.

    tetapi waupun begitu, saya masih merasakan gatal di badan saya. terutama di bagian bokong(waupun sudah agak mendingan jika dibandingkan sebelum diobati dengan scabimite)

    gimana dok, biar gatal di badan saya bisa hilang?

    apa memang, sehabis diobati dengan scabimite ada rentang waktu sampai gatal-gatalnya hlang total.

    dan apakah pakaian yang saya kenakan harus selalu dicuci dengan air panas dok.

  20. dok…saya muthi
    kebetulan saya juga lagi cari bahan buat penelitian saya tentang skabies. saya kebingungan cari refernsinya…bisa dokter bantu saya..mungkin saran buat penelitian saya
    makasih

  21. thanks atas artikelnya…
    yg mau saya tnyakan itu..
    apa yg mnyebabkan gatal pada skabies? apa karena aktivitas dari parasit tadi??
    kalau bsa skalian djelaskan patofisiologi dari gatal tersebut..

    makasii

  22. kata dokter saya, saya tidak boleh memakai obat skabies sebelum penyakit flu yang saya derita sembuh.apakah benar?

  23. ini gejala ap y? skabies, eksim, ato alergi? gatal sekali dan blm tw pnyebabnya ap.
    1. bentol kecil blm brwrna merah
    2. bentol mulai mbesar dan melebar brwarna merah
    3. mulai tumbuh bintil2 kcil d lingkaran luar bentolan
    4. d tengah muncul titik/mata brwarna lbih gelap dan mencekung
    5. d bgian tengah itu kmudian mengering, dan mengelotok ke luar
    6. bekas hitam tak bs hilang

    thx

  24. ini gejala ap y? skabies, eksim, ato alergi? gatal sekali dan blm tw pnyebabnya ap. sebulan bs mncul 2x, dan hilangna lama. sekali muncul bs satu per satu, dan terkadang lngsung byk. paling banyak muncul d bagian perut bawah,paha,betis,pergelangan kaki, punggung atas bwh, tlapak tangan,
    1. bentol kecil blm brwrna merah
    2. bentol mulai mbesar dan melebar brwarna merah
    3. mulai tumbuh bintil2 kcil d lingkaran luar bentolan
    4. d tengah muncul titik/mata brwarna lbih gelap dan mencekung
    5. d bgian tengah itu kmudian mengering, dan mengelotok ke luar
    6. bekas hitam tak bs hilang

    thx

  25. dok,,saya juga kena skabies .. dan ada bekas luka garukan sekitar leher yang cukup banyak dan menyebabkan saya kurang PD dok … cara menghilangkan yang item item nya gmna ya ?? makasih

  26. Dok saya kena scabies.setelah saya bri salep scabimite gtal dh mendingan.tp tkdg tmbul lg meskipun dkt.klo blh tw ada gk obat yg dminum,n gmana cra menghlangkan bekasx pada kulit.karena kelihatan bulat.trutama d daerah leher ma sktar telinga.mhon bntuanx dok.makasih jawabanx.:-)

  27. dok saya mau tanya , kenapa skabies ini menyebabkan gatal-gatal di sela-sela jari tangan, perut bawah, sekitar anus dan penis? lalu kenapa ditemukannya papula, pastula, erosi, ekskroriasi,dan krusta pada penderitanya dok ?
    terima kasih

  28. hai dr.novi …
    sy mahasiswi poltekes depkes surabaya sekarang semster 5, sy mo ngambil TA tentang scabies dipondok pesantren, dnngn judul studia tentang faktor-faktor penyebab penyakit scabies, sy mohon bantuannya, apakah dr.novi pny literatur tentang faktor2 resiko timbulnya scabies?. thanks

  29. dok,, obat yang baik untuk menghilangkan skabies ini apa y??

    sy sudah minum greseofulpin, dexametason tapi blm hilang jg..
    saranya dong dok…!!

  30. assalamualaikum dok sy bngung ni kr2 persiapan pa yng harus sy persiapkan untuk menghadapi ujian proposal tugas akhir yang berkaitan dengan SCABIES, mohon sarannya,…mkcie!!

  31. dok,,mw nanya…saya rencana mw ngajukan judul skripsi ttg skabies..menurut dokter judul yg pantas dan mudah di jangkau dan d teliti apa y dok??
    makasih sebelumnya

  32. Assalamu’alaikum

    bu dokter.,

    saya terkena skabies dari tmen saya udah hmpir 1 thun.

    dan sekarang areany udah sampai ke ketiak saya …

    yg sya mau tanyakan, obat yg paling ampuh itu obat yg kyk ap ya dok??

    setiap saya mau kebelakang , dan melihat celana dalam saya, qo ada kyk bekas kulit terkelupas gitu dok wrna coklat dan kering ..itu paan ya dok???

    mhn di jawab …

    trma kasih sblumny. ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s